Ingin Punya Gaya Menulis yang Unik? Tiru Sajalah Dulu

24 Aug 2013

Semua penulis pemula, seperti saya ini, tentu menginginkan gaya penceritaan (baca: gaya bahasa) yang unik dalam tulisannya. Namun, gaya bercerita dengan tulisan didapat melalui pengalaman. Lalu, bagaimana kalau belum berpengalaman? Tiru sajalah dulu.

Siapa penulis favorit kamu? Sekarang untuk penulis remaja ada Raditya Dika atau Shitlicious, dll. Untuk penulis umumnya ada Dee. Eh, tapi ini mengacu pada penulis fiksi ya? Soalnya, untuk kategori non-fiksi saya kurang begitu paham. Tapi, biasanya saya membaca koran atau majalah, bisa online bisa offline.

Nah, setelah ketemu penulis favorit kamu (biasanya sih disesuaikan dengan kategori fiksi atau non-fiksi), tirulah gaya mereka menuturkan ide dalam sebuah tulisan. Nanti, di tengah-tengah jalan akan banyak pengembangan yang kamu lakukan. Bisa kamu tambahkan hasil imajinasi sendiri, bisa kamu cari referensi yang sesuai dengan tulisan yang sedang kamu buat.

Bagaimana kalau tidak bisa? Coba sajalah dulu. Nanti kalau sudah dicoba dan ternyata tidak bisa baru komentar. Pasti ada yang salah tuh ^^… Selamat mencari gaya menulis sendiri ya… caiyooo![]


TAGS raditya dika shitlicious alit motivasi menulis meniru untuk membebaskan


-

Author

Follow Me