Cara Menulis Artikel Demi Tingkatkan Trafik Blog

22 Aug 2013

Artikel merupakan sebuah catatan hasil karya imajinasi dan ide. ~ Masterteknisi ~

Ilustrasi Tips Menulis Artikel di Blog

Anda blogger yang punya masalah dengan trafik pengunjung yang stuck? Padahal, sudah lama Anda ngeblog, namun pengunjung tak kunjung bertambah? Sudah melakukan trik SEO, spamming komen sana sini, ngebacklink sembarang tempat? Tidak perlu khawatir, saya juga dulu pernah mengalaminya. Semua berubah saat saya melakukan satu hal ini: MENULIS ARTIKEL dengan sebaik-baiknya.

Bagi saya, menulis di blog - walau sering di copas orang lain - itu butuh tulisan terbaik. Karena itu, tak ada salahnya menerapkan TIPS MENULIS ARTIKEL berikut, yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber. Dan, tentunya sudah saya terapkan.

1. Buatlah Tulisan Pendek

Meski Anda terbiasa menulis panjang, namun harap menjadi perhatikan jika blog dibaca di layar yang secara relatif melelahkan mata. Mau itu desktop, laptop, atau smartphone. Tulis artikel pendek yang terdiri dari 500-600 kata (tapi ini relatif juga sih, tergantung kebutuhan). Pembaca lebih suka tulisan tunjlepoin, bisa dikunyah sekali baca.

2. Buatlah Tulisan Sederhana

Pendek dan sederhana itu kata kuncinya. Tulisan yang dibuat dengan pengaruh sastra murni (semacam pledoi kekesalan jiwa) mungkin membingungkan untuk diserap maksud dan tujuannya. Karena itu, tulis saja hal-hal yang sederhana tapi bermanfaat. Sebetulnya, Anda juga bisa menulis yang “berbobot” tapi tetap sesuaikan dengan pembaca blog yang lebih luas sifatnya.

3. Hindari Typo

Tak profesional tak pemula. Semua bisa kena penyakit salah ketik. Manusiawi sih. Tapi, bisa jadi ini lantaran si penulis blog malas untuk ngedit. Ya, setidaknya, kurangilah typo. Oiya, ada baiknya, Anda tidak menggunakan bahasa 4L4Y. Supaya, kembali ke poin kedua.

4. Pakai Referensi

Untuk satu ini kebanyakan narablog malas memberinya. Alasannya, supaya blog lain sumber inspirasi mereka tidak diketahui orang lain atau mereka ingin disebut the number one dalam persoalan ide tersebut. Karena itu, saya menyarankan untuk memberi referensi (link hidup, terserah mau nofollow atau dofollow). Hal ini untuk memberikan kesan profesional kepada Anda sendiri.

5. Gaya Bahasa Sendiri

Jika penyanyi punya suara yang unik dan khas. Seorang penulis blog juga pasti punya karakter tulisan yang unik dan khas. Penggunaan sudut pandang dalam hal ini penting dilakukan. Tak perlu harus tulisan baku khas redaksi majalah atau koran. Gaya diary juga boleh. Salah satu blog ternama yang pernah saya baca yang mengulas tentang infotainment dengan gaya sendiri adalah Oktavina.com. Dulu, blog ini punya gaya bahasa sendiri yang tidak dipunyai website dan blog lain. Entah sekarang, jarang bertandang lagi.

Ketahuilah, blog itu sifatnya personal. Jadi, bisa ditulis semau gue.

Oke, menurut saya itu sih CARA MENULIS ARTIKEL yang baik. Pertanyaannya, apakah dengan menerapkan poin-poin di atas, Anda bisa menaikkan jumlah trafik? Saya kurang yakin, kecuali Anda adalah Justin Bieber atau Yoona SNSD.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Cobalah trik yang juga pernah saya terapkan satu ini.

RISET KEYWORD!

Beruntung sampai sekarang #Google masih menggratiskan Google Keyword Tools sebagai panduan untuk mencari kata-kata yang dicari setiap bulannya. Setelah keyword diriset, terapkan pada artikel Anda. Untuk caranya, sila intip artikel saya disini.

Sebagai catatan: SEMOGA BERUNTUNG!

Sumber:

Maxmanroe | Arry Rahmawan


TAGS Tips Menulis Artikel Cara Menulis Artikel Menulis Artikel Tips Menulis Google Keyword Tools Justin Bieber Yoona SNSD


-

Author

Follow Me