Pentingnya Point of View dalam Menulis Artikel

21 Aug 2013

Menulis artikel berbeda dengan menulis buku. Jumlah kata yang terbatas membuat kita tidak bisa memasukkan semua data serta fakta dari referensi yang kita punyai. Hal ini tentu berbeda saat kita menulis buku, dimana kita bisa memasukkan banyak data dan fakta. Di sinilah pentingnya point of view (sudut pandang) dalam menulis artikel.

Lalu, bagaimana cara kita menentukan point of view? Berikut tips yang pernah saya lakukan. Karena, didasarkan pada pengalaman pribadi, besar kemungkinan pengalaman ini berbeda dengan orang lain.

Oke, langsung saja…

Tentukan topik atau tema yang ingin kita bahas. Bebas saja sesuai keinginan. Sebagai contoh, kita pilih saja, Candi Prambanan.

Kemudian, carilah referensi. Baca apa yang kita temukan. Dari situ, kita bisa menentukan point of view kita. Karena tadi saya contohkan Candi Prambanan. Maka, kita bisa menentukan sudut pandang kita untuk menulis topik tersebut. Bisa dari sudut pandang ekonomi, budaya, cerita rakyat, sejarah, pengalaman pribadi, dsb.

Dengan adanya sudut pandang yang berbeda dengan yang lain, akan menjadikan tulisan kita berbeda dan tentu lebih menarik untuk dibaca oleh pembaca.

Ada sanggahan mengenai hal ini?


TAGS


-

Author

Follow Me