6 Lomba Agustusan Paling Populer

17 Aug 2013

Hari ini, rakyat Indonesia merayakan Kemerdekaannya yang ke-68. Orang-orang, baik di kampung maupun di perkotaan, selalu punya cara untuk memeriahkannya. Salah satunya dengan menggelar perlombaan. Nah, berikut ini adalah beberapa perlombaan yang populer digelar pas 17 Agustus. Lomba apa aja sih, yuk simak sama-sama… ^^

1. Panjat Pinang

Lomba ini yang paling terkenal dan paling dinanti-nantikan waktu Agustusan. Soalnya, hadiahnya banyak, menggantung di pucuk. Hehehe… Karena ketersediaan pohon pinang makin langka, kadang lomba ini diganti dengan bambu. Konsepnya sih sama. Batang pinang atau bambu ditancap di atas tanah kemudian dilumuri oli, dan para peserta yang mau mendapatkan hadiah harus berusaha mengambilnya bersama teman-temannya. Hal ini membutuhkan kerjasama antarrekan. Lomba panjat pinang mengandung arti kerjasama dan kebersamaan.

2. Balap Karung

Balap karung juga populer. Dulu saya pernah ikutan, tapi selalu kalah. Karena, capek bo. Konsep dari balap karung sebetulnya sederhana. Kedua kaki kita dimasukkan ke dalam karung terus dengan berbagai macam trik kita harus mencapai garis finisih lebih dulu. Konon, lomba balap karung ini mengandung arti melepaskan diri dari penjajajah.

3. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk pasti selalu menarik perhatian penonton. Konsepnya sederhana, para peserta lomba ini diharuskan memakan kerupuk yang digantung di atas seutas tali hingga tandas. Serunya, pas ngelihat peserta makan kerupuk pasti ada yang ngejilat-jilat supaya bisa dimakan. Makna dari lomba ini adalah setelah kemerdekaan rakyat Indonesia harus memperbaiki gizi karena kurang makan waktu zaman penjajahan. Tapi, memperbaiki gizi kok pakai kerupuk ya? Soalnya, kalau pakai rendang takut kena mata. Hehehe…

Untuk lomba satu ini saya jagonya, karena leher saya panjang kayak plastik man. Hehehe…

4. Gebuk Bantal

Lomba gebuk bantal dilakukan di atas sungai atau tempat ada yang airnya oleh dua orang peserta. Konsepnya, dua orang peserta ini saling menggebuk dengan bantal sampai lawannya jatuh ke dalam kubangan air. Lomba ini seru banget pastinya. Lomba ini sebetulnya populer karena keseruannya, tapi tidak semua tempat ada sungainya, apalagi sungai yang bersih.

5. Balap Kelereng

Lomba ini juga sangat populer dan pasti ada dalam setiap 17-an. Peserta yang ikut lomba ini diharuskan menggigit sendok yang ujungnya diletakkan kelereng. Kemudian, para peserta diharuskan jalan sampai ke garis finish. Pemenang ditentukan dari seberapa cepat mereka mendahului lawan dan tidak menjatuhkan kelereng.

6. Tarik tambang

Lomba tarik tambang ini pasti seru karena melibatkan beberapa orang dan kerjasama kelompok. Jadi, orang-orang dimasukkan ke dalam tim tertentu yang terbagi dua bagian. Masing-masing dari tim ini berusaha untuk menarik lawan melebih garis batas yang ditentukan panitia.

Hayo siapa pernah mengikuti lomba-lomba di atas? Hehehe…

Yaudah deh… Selamat Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68. Merdeka!!![]


TAGS Lomba 17 Agustus Lomba


-

Author

Follow Me